Tuesday, May 31, 2011

Jeruk Nipis & Kunyit [Atasi Telat Haid]

Bahan Alami Atasi Telat Haid


Haid Telat? Kenapa? jangan jangan hamil. Hehe..Sebenarnya telat datang bulan tidak selalu berarti hamil. Bisa jadi karena beberapa gangguan yang terjadi dalam fisik dan psikis kita. [theori siklus mens dari ibu suherni di semester 3; kebidanan dan ilmu kandungan].

Berikut beberapa sebab telat datang bulan :
  • Stress. Stres bisa menyebabkan telatnya datang bulan, hal ini disebabkan karena stres sangat mempengaruhi kondisi hormonal tubuh, sementara siklus menstruasi sangat erat hubungannya dengan hormon.
  • Obat-obatan. Berbagai obat seperti antidepresan (citalopram, fluvoxamine, fluoxetine dll), kortikosteroid (dexametason, betamethasone), antipsikotik dan obat konstrasepsi oral cukup bisa menghambat datangnya si tamu bulanan.
  • Malnutrisi. Kondisi kurang gizi yang berat juga bisa bikin telatnya menstruasi, hal ini karena pengaruhnya terhadap stabilitas hormon.
  • Instabilitas hormon. Pada wanita yang mendekati masa monopuse dan remaja putri pada masa pubertas terjadi perubahan hormonal yang dinamis, hal ini menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak stabil.
Obat Alami Terlambat Datang bulan dengan Jeruk Nipis [juraganmedis.com]
  1. Bahan : 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kapur sirih dan garam secukupnya
  2. Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian semua bahan tersebut dicampur merata dan disaring;
  3. Aturan menggunakan: diminum 1 kali sehari.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...