Wednesday, March 07, 2012

Bakso Dengan Ayam Dan Ikan Busuk


Reportase investigasi 4 maret 2012.
Jika telah mengetahui ulah para oknum dengan semua kecurangannya, rasanya jadi takut untuk mengonsumsi bahan-bahan dari luar sana.
selain bahan bakso yang ditambah dengan ayam busuk atau ikan busuk, masih pula ditambahkan bahan berbahaya ‘boraks’ ke dalamnya.
Bahkan Bakso dari sampel acak yang diteliti, ada 4 dengan merk terkenalpun mengandung boraks.
Mengerikan. Penambahan ayam busuk atau ikan busuk ke dalam bahan bakso, menyebabkan bakteri yang berpuluh kali lipat terdeteksi dalam bakso. Dan bahaya bagi tubuh kita untuk dikonsumsi. Selain ‘boraks’ dapat merusak hati dan ginjal (dalam pemakaian jangka panjang), bakteri-bakteri yang terdapat dalam bakso dengan ayam atau ikan busuk itu akan menyebabkan diare dan keracunan.
Bagaimana kita membedakan bakso alami dengan bakso yang ditambah bahan berbaya? Berikut tips nya :
  1. Bakso yang alami bila di tekan akan pecah, sementara bakso dengan tambahan borak jika ditekan akan terasa kenyal seperti bola bekel.
  2. Bakso yang alami berbau amis daging, sementara bakso yang ditambah bahan berbahaya baunya sudah tersamar oleh banyaknya penambahan bumbu.
  3. Bakso yang alami jika dibelah akan terlihat serat daging, bakso dengan daging, ayam dan ikan busuk jika dibelah terlihat halus dan tidak terlihat serat dagingnya.
  4. Bakso alami hanya bertahan selama 24 jam pada suhu ruang setelah itu teksturnya akan berubah dan berlendir, sementara bakso dengan bahan berbahaya akan bertahan selama 1 minggu di suhu ruang denga tekstur tetap dan tidak berlendir.

Tips membuat bakso sendiri di rumah :
  • Haluskan daging/ayam/ikan mujair (yang harganya agak terjangkau).
  • Campur dengan bahan dasar bakso, tepung tapioca 1/10 sampai 1/15 bagian.
  • Tambahkan bumbu bumbbu dan cetak.
  • Kemudian didihkan air, dan masukkan bakso pada air mendidih hingga mengambang.
  • Untuk membuat bakso lebih kenyal, tambahkan putih telur.
  • Untuk mendapat kekenyalan yang maksimal, jika menggunakan daging sapi maka gunakanlah daging sapi segar, bukan dari lemari pendingin/ freezer.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...