Saturday, May 07, 2011

Pepaya

Menu buah untukku hari ini adalah pepaya. Emang sih, aku lebih suka buah anggur dan kelengkeng.Apalagi apel. sayangnya, akhir akhir ini bunda lagi males belanja jauh jauh, jadinya ayah deh yang beliin buah buatku dan dedek. Karena ayah sukanya pepaya dan pisang, jadilah menu buahku hari ini pepaya.
Kata bunda, Pepaya yang punya nama lain  Carica Papaya memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah ;
  1. Buah pepaya mengandung enzim, vitamin dan mineral. Mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin E.
  2. Buah pepaya mengandung enzim Papain yang berfungsi mempercepat proses pencernaan protein. Daya cerna yang diberikan enzim Papain bisa mencerna 35 kali lipat sehingga membuat makanan yang mengandung protein bisa diambil manfaatnya dengan baik.
  3. Enzim mencerna baik protein menjadi arginin. Senyawa arginin adalah asam amino esensial yang didapat dari telur dan ragi yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dalam keadaan normal. Dengan enzim Papain maka senyawa arginin yang membantu produksi hormon pertumbuhan dapat diproduksi dengan baik. 
  4. Papain dalam pepaya sangat baik guna mencerna protein yang bersifat membuang subtansi-subtansi yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akibat pencernaan yang tidak sempurna. 
  5. Buah Pepaya berfungsi membantu mengeluarkan racun, membantu mengatur pendapatan asam amino dalam tubuh, sehingga menambah kekebalan tubuh.
  6. Selain baik memecah asam amino, pepaya juga mampu mengurai karbohidrat dan lemak. Itu sebabnya pepaya dipakai dalam pemasakan daging, karena pepaya mampu mencerna serat-serat daging.
  7. Dengan kandungan antiseptik pada pepaya, mampu menjaga alat pencernaan kita terutama usus dari bakteri. Kadar pH mampu diseimbangkan sehingga flora usus normal.
  8. Seluruh bagian dari buah pepaya benar-benar memiliki fungsi baik. Biji yang sering dilupakan justru mampu membantu orang-oranag yang sedang terganggu pencernaannya.
  9. Papaya sebagai alat kontrasepsi. Karena pepaya yang masih setengah matang, mentah dan mengkal bisa menggugurkan kandungan pada ibu hamil. Dari efek inilah pepaya mentah diolah menjadi alat kontrasepsi.
Sedangkan kata bunda, biji buah pepaya pun memiliki beberapa manfaat diantaranya
  1. Menyehatkan mata. Menurut dr. Rini Mahendra SpM salah satu cara perawatan murah ialah dengan mengonsumsi biji pepaya. Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata.Bila kamu tidak tahan akan rasa getirnya, maka kamu dapat mengonsumsinya dengan ditambah madu, atau sebagai campuran minum teh. Selain itu bisa juga biji tersebut dijemur atau disangrai untuk kemudian dimakan sebagai snack. Konsumsilah secara teratur, kira-kira tiga kali sehari sebanyak sepuluh butir.
  2. Menghitamkan rambut. Biji pepaya dipercayai  mengandung glucoside cacirindan karpain yang diketahui dapat menghitamkan rambut. Cara membuat: Biji pepaya disangrai sampai kering, lalu tumbuk hingga halus, Setelah itu peras dan saring. Saat akan dipakai beri sedikit air, lalu oleskan ke rambut sambil dipijat-pijat.
    Biarkan sampai kering, lalu keramas.
  3. Untuk obat cacing. Kunyah satu sendok teh biji pepaya mentah dalam kondisi perut masih kosong setiap hari Untuk mencegah dan membasmi cacing serta parasit lainnya. Biji pepaya ini dapat dipergunakan dalam keadaan basah maupun kering. Jika rasanya terlalu kuat, bisa dicampur dengan kurma atau madu. Bisa saja biji pepaya ini diblender dan dicampur dengan sedikit air, baru diminum. Sebagai program antiparasit, makanlah biji pepaya ini setiap hari selama seminggu, selanjutnya diulang dua minggu kemudian. Cara lainnya, ambil biji pepaya kering berupa serbuk 10 gram. Serbuk ini dididihkan bersama air 150 ml, sampai diperoleh larutan 75 ml setelah disaring. Hasil ini bisa diminum sekaligus dua jam sebelum makan malam.
Itulah beberapa manfaat buah dan biji pepaya yang aku tau dari bunda, selain itu masih ada bagian bagian dari pohon pepaya yang berguna seperti akar, dauh, getah dan kulit pepaya. Tapi kata bunda, suatu saat nanti bisa dipelajari lagi. Belajar tidak perlu banyak banyak, sedikit sedikit yang penting kontinyu, insya alloh lebih cepet dimengerti. 


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...